Linus Torvalds, announcing Linux v2.0

Some people have told me they don't think a fat penguin really embodies the grace of Linux, which just tells me they have never seen an angry penguin charging at them in excess of 100mph. They'd be a lot more careful about what they say if they had.

Linux Mint 14 Nadia

Jumat, 28 Desember 2012


Pengenalan Linux Mint 14 Nadia
Linux Mint 14 Nadia merupakan generasi terbaru seri Linux Mint yang telah diluncurkan dan dapat dimiliki secara gratis. Sebelumnya generasi terakhir Linux Mint yaitu versi Linux Mint 13 MATE dan Cinnamon. Linux Mint 14 Nadia ini merupakan hasil pengembangan dari teknologi yang stabil dalam waktu 6 bulan dari versi 13 diluncurkan. Pada versi 14 ini Linux Mint masih menggembangkan seri MATE dan Cinnamon serta MDM untuk tampilannya. Dengan rilisnya versi 14 ini software-software pada Linux Mint telah diperbaharui, stabilitasnya ditingkatkan, perbaikan bugs dan desktopnya akan terasa lebih nyaman digunakan.
Fitur Baru Linux Mint  14 Nadia
1. MATE 1.4
MATE bekerja keras dalam melakukan pengembangan GNOME2. Pada tahun 2011 GNOME 2 dinamakan MATE dan MATE versi 1.x telah dapat digunakan oleh pengguna untuk menggunakan desktopnya. Selama 6 bulan terakhir ini MATE 1.2 melakukan banyak perbaikan bug dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Namun MATE 1.4 tidak hanya lenigkatkan kualitas dan stabilitas destop tetapi juga memperbaiki bug pada GNOME 2 yang telah ada selama bertahun-tahun.

2. Cinnamon 1.6
Seri Cinnamon 1.6 merupakan seri yang paling banyak memiliki fitur baru pada komunitas Linux.  Pada saat awal rilisnya, Cinnamon dikembangkan dengan mengutamakan kecepatannya yang sangat tinggi dan semakin dikembangkan hingga versi Linux Mint 14 sekarang ini. Hasil perkembangannya sangat memuaskan walaupun tetap Cinnamon 1.6 yang paling stabil dari para pendahulunya.

3. MDM
MDM ini merupakan fitur yang sangat mengundang perhatian pengguna Linux Mint. MDM hadir dengan banyak fitur-fitur baru yang sangat menarik. MDM merupakan warisan dari tema GDM2 yang kira-kira terdapat 30 tema telah terinstall secara default di Linux Mint 14 dan anda dapat mendapatkan lebih dari 2000 tema MDM di gnome-look.org. Hal inilah yang membuat MDM menjadi tema yang sangat mudah didapatkan dan selalu tersedia. Selain itu dengan MDM display manager anda dapat membuat tampilan login Linux Mint sesuai dengan keinginan. Pada halaman login peran MDM tidak hanya membuat form username dan password saja namun dapat membuat tampilan wajah untuk user yang berbeda sehingga untuk login user berbeda dapat mengklik gambar saja.

4. Software Manager
Pada versi sebelumnya Software Manager mendapatkan banyak kritikan dan dalam perkembangannya sangat banyak dilakukan perbaikan. Ini diakibatkan oleh aptdaemon yang bertanggung jawab dalam menghancurkan dan menghentikan aplikasi pada saat kondisi tertentu. Saat ini software manager telah di dukung penuh oleh fitur debconf sehingga tidak perlu lagi menggunakan Synaptic untuk mengaktifkan debconf. Contohnya seperti Microsoft Fonts atau Wine. Dengan adanya debconf ini akan membuat Linux Mint lebih nyaman sehingga tidak perlu lagi mengetik password saat melakukan install atau menghapus aplikasi.

5. Artwork Improvements
Linux Mint 14 memiliki fitur fotografi background yang sangat indah yang di support oleh Al Butler, Nicolas Goulet dan Steve Allen. Perhatian khusu diberikan untuk Mint-X dan GTK 3.6 yang dapat membuat aplikasi GTK menjadi terlihat lebih original dan dapat di integrasikan dengan seluruh elemen pada desktop.

6. System Improvements
Pengembangan sistem aplikasi yang terdapat pada Linux Mint 14 diantara lain pada software USB-Imagewriter yang digantuikan oleh Minstick untuk user interface yang lebih baik. Untuk software Gedit 2.30 diganti menjadi gedit 3.0 dengan fitur pencarian teks yang lebih baik. Sedangkan software MintSystem menyediakan dua perintah tambahan yaitu dns-fix set dan xchat-systray. Dns-fix set mengubah resolusi DNS ke OpenDNS, sedangkan xchat-systray berfungsi mengubah icon systrayXchat yang muncul setelah melakukan restart (hanya berlaku di Cinnamon).

7. Upstream Improvements
Linux Mint 14 memiliki komponen fitur yang mengacu pada turunan generasi Ubuntu 12.10, Linux 3.5, MATE 1.4, Cinnamon 1.6.


System Reqruitments Linux Mint 14 Nadia
  • 32-bit atau 64-bit Sistem Operasi
  • 512 MB untuk RAM (Rekomendasi 1GB)
  • HDD 5 GB
  • Resolusi 800×600
  • CD/DVD ROM atau Port USB




Sumber : http://www.geyosoft.com/2012/linux-mint-14-nadia#ixzz2GNdu0nYA

0 komentar:

Posting Komentar